Untuk mendapatkan wawasan tentang Pengolahan Air Bersih di Kota Batam, mahasiswa Teknik Sipil Universitas Internasional Batam melakukan field study ke ATB Batam. Kunjungan ini berlangsung di WTP Duriangkang pada hari Senin, 08 April 2019. Beberapa mahasiswa cukup antusias mengikuti visit lapangan. Informasi seputar ATB secara umum diperkenalkan termasuk proses produksi air di PT. Adhya Tirta Batam. Pak Yaya Zakaria, SSP (Superintendent Supervisor Production) ATB juga memberikan materi presentasi teori dan dilanjutkan visit ke lokasi produksi air bersih.

Kunjungan observasi ini juga merupakan salah satu bentuk perkuliahan langsung mahasiswa. Karena dalam sistem perkuliahan terdapat subjek mata kuliah yang berhubungan dengan pengolahan air bersih yaitu Mata Kuliah Rekayasa Lingkungan. Kunjungan ini juga dilakukan untuk melihat sejauh mana antara teori yang diajarkan di perkuliah dengan aplikasi lapangan, artinya ke lapangan itu kita melihat proses secara aplikatif dari teori yang di sampaikan di dalam kelas. Kunjungan observasi ini selesai pada Senin, 08 April 2019 sekitar pukul 12.30 WIB dan diakhiri dengan pemberian cenderamata oleh pihak ATB dan UIB.

Dengan kunjungan observasi ini diharapkan mahasiswa bisa mengerti detail produksi air di ATB. Dan dengan sumber air yang sangat terbatas, mahasiswa juga dapat untuk lebih menghemat penggunaan air.